Tips untuk Pengusaha Mendapatkan Dana Dari Investor

Tips untuk Pengusaha Mendapatkan Dana Dari Investor

George E. Siregar, Director Operations and Business Development Altira memberikan tips bagi para CEO perusahaan startup atau rintisan untuk dapat memperoleh dana dari investor. Dia berkata bahwa dari perspektif investor paling tidak ada 3 hal yang akan diamati dari perusahaan terkait.

 

Walaupun peluang perusahaan-perusahaan rintisan tersebut di tanah air semakin berkembang menuju ke arah positif, meskipun demikian George berpendapat bahwa kondisi tersebut selayaknya dibarengi beragam inovasi yang perlu dikembangkan para pelaku bisnis.

 

Sebagaimana yang dipaparkan George kepada Kompas.com, Kamis (1/11/2018) bahwa setiap startup memiliki jalannya sendiri-sendiri  untuk mencapai kesuksesan atau merealisasikan visinya. Ia juga menghimbau agar para pengusaha muda tidak latah, misalnya melihat Go-Jek sukses lalu membuka bisnis yang serupa, melihat Halodoc sukses kemudian menyontek persis tanpa inovasi yang lebih baru, dan sebagainya.

 

Tips menarik perhatian investor

Inilah 3 tips dari George agar perusahaan-perusahaan rintisan dapat menarik perhatian investor sehingga bersedia memperoleh pendanaan.

  1. Produk – Yang paling utama menurut George adalah perusahaan rintisan harus mengerti kualitas serta kekuatan produknya. Maksudnya adalah masyarakat harus melihat keunikan serta kebermanfaatan produk startup tersebut. Investor umumnya menilai bahwa produk yang dapat dipertimbangkan untuk didanai adalah produk Prediksi Bola inovatif yang memang diperlukan masyarakat, dan ini tidak harus berarti produk-produk yang canggih.

 

Ia mengambil contoh perusahaan jasa transportasi Go-Jek yang awalnya hanya menyediakan layanan kurir antar. Namun ini adalah jalan keluar bagi masyarakat di ibukota sehingga dapat berkembang pesat sampai sekarang. Setelah mengamati produk dasarnya, berikutnya investor akan melihat bagaimana produk tersebut di mata masyarakat. Misalnya, apakah produk menjalin interaksi dengan masyarakat, apakah mempunyai nilai yang menjual, dan apakah masyarakat tertarik dengan produk tersebut.

 

  1. Potensi produk – Berikutnya, investor akan mencermati sebelum mengucurkan dananya apakah produk yang diciptakan oleh perusahaan rintisan tersebut mempunyai potensi yang di masa depan nanti dapat dikembangkan. Jadi menawarkan produk saja tidak cukup. Menurut George, para investor akan lebih berminat pada produk-produk perusahaan rintisan yang disertai perencanaan di masa depan serta memiliki potensi berkembang yang besar.

 

  1. Orang-orang di balik layar – Investor yang Anda bidik, biasanya yang telah berpengalaman, umumnya juga akan memperhatikan siapa saja orang-orang di balik layar perusahaan startup terkait. Tentu saja perusahaan dengan tim yang mempunyai latar belakang pendidikan atau pengalaman yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan akan lebih dipilih oleh investor dibandingkan dengan mereka yang misalnya, “hanya” lulusan SMA.

 

Terkait hal ini George memang tidak menampik bahwa selalu ada orang-orang yang mempunyai kompetensi sama atau bahkan lebih dibandingkan mereka yang menempuh pendidikan pada jalur formal. Tapi secara gamblang dia mengatakan bahwa investor akan lebih memilih lulusan Harvard dibandingkan perusahaan yang digawangi oleh orang-orang yang drop out dari kuliah misalnya. Man behind the team menurutnya adalah salah satu faktor penting yang menjadi pertimbangan para investor.

 

Setelah berhasil mendapatkan dana dari investor, pastinya pengusaha dituntut untuk mengelolanya dengan baik, salah satunya dengan meningkatkan produktivitas perusahaan. Dengan begitu pinjaman dana akan memberikan manfaat yang optimal. Berikutnya dana pinjaman tidak boleh dicampur dengan asset perusahaan apalagi keuangan pribadi agar pengontrolan lebih mudah dilakukan. Jangan lupa menyisihkan dana yang digunakan untuk mengembalikan pinjaman Anda kepada investor disertai imbal hasil seperti yang telah disepakati.

 

Nah, semoga bermanfaat!

Author: pretty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *